Saturday, February 20, 2010

zona tidak nyaman ko jadi zona nyaman?

Banyak sudah tulisan tentang perlunya kita keluar dari zona nyaman agar bisa lebih maju lagi dalam kehidupan. Zona nyaman itu ga harus nyaman dari segi finansial saja,bisa banyak hal. Bisa nambah hafalan al-qur’an, nambah raka’at sholat dhuha, aktualisasi diri bahkan ibu ibu yang belum hamil dulu cuman karena males, gue pikir mereka juga belum mau keluar dari zona nyaman. Karena punya bayi berarti harus keluar dari zona nyaman tidur malem pules, badan langsing hasil diet keras or ke mall ga usah bawa prikintilan bayi.
Tapi m enurut gue zona tidak nyaman itu bisa menjadi zona nyaman. Kenapa??
Karena ketika kita ingin keluar dari zona nyaman pertama menjadi zona ketidak nyaman. Dan berhasil maka zona ketidaknyaman itu (kalo berhasil) bisa zona nyaman kedua kita. Ngerti ga maksudnya?? Gini lho…misalnya ada seorang pekerja dengan penghasilan pas pasan, let say 2 juta. Pasti dia pengen dung nambah penghasilan. Paling ga buat uang masuk anaknya sekolah deh bulan juni nanti. Nah, maka berusahalah dia untuk berdagang. Si bapak ini pengen punya warung di pinggir jalan. Akhirnya dengan modal pinjaman dan hasil gadein perhiasan bini akhirnya dia berhasil punya warung, dan alhamdulillah…hasilnya bisa menyamakan penghasilan dia ketika bekerja.
Waktu pertama tama tuh bapak buka warung, hard time banget. Susah nyari yang jaga , kalo ada di tipu tipu, stok barang suka ada suka ga, pokoknya ribet banget lah. Tapi ternyata dengan usaha gigihnya akhirnya tuh warung bisa menguntungkan tanpa harus diliat liat tiap hari. Bahkan yang jaga nyetor uang tiap hari ke rumah, dan insya Allah jujur. Pokoknya ibarat kata tinggal ongkang ongkang kaki duit dateng.
Terus…..akhirnya trererereng… masuklah si bapak ke zona nyaman yang ke2. Kerja udah, punya usaha juga udah jalan tanpa harus banyak mikir. Tapi setelah diliat liat ke kanan kiri atas bawah,mm…si bapak mikir, kayaknya udah waktunya nih naik mobil. Secara anak udah 4, bini kaga bisa bawa motor, masak kudu naik taxi tiap hari. Rugi bandar….. Akhirnya si bapak mulai lagi mencari cari cara…..Nah, ketika si bapak mencari cara itu berarti dia berusaha keluar dari zona yang dulunya tidak nyaman itu lalu menjadi nyaman dan menuju tidak nyaman lagi.
Dan menurut gue itu sah sah aja. Hidup itu harus maju. Kalo kita stagnan berarti kita rugi. Bukan karena si bapak pengejar materi soalnya ini kan cuman contoh, jadi bisa banyak hal yang bisa diterapin.
Gitu deh…..
*semoga bermanfaat*
Yunita. R. Fatah

No comments: